KOPERASI MABADIKU BINTANG SEMBILAN

DEFINISI

Koperasi NU MABADI KHOIRU UMMAH Bintang Sembilan atau disingkat

Koperasi MABADIKU Bintang Sembilan  adalah koperasi yang didirikan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian ekonomi warga NU.

Koperasi Mabadiku

1.Menerbitkan Kartu Anggota Koperasi NU Mabadiku Bintang Sembilan yang memiliki 9 fungsi utama. Penerbitan kartu bekerjasama dengan Bank Syariah.

2. Bekerjasama dengan mitra-mitra usaha strategis, untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian ekonomi :

a. Menyediakan peluang-peluang usaha untuk Anggota koperasi. (Loket Mabadiku, Toko ritel Mabadiku-Alfamart, Lampu LED NU, Power bank, MyHalal, dll)

b.Menyediakan produk dan layanan jasa berlabel Koperasi (Private label/ co-Branding) yang lebih murah atau menguntungkan bagi Anggota dan Koperasi.

c.Melakukan usaha Simpan Pinjam dan membantu akses pembiayaan usaha Anggota melalui bank, lembaga keuangan lain, dan sumber lain.

d.Membangun kewirausahaan dilingkungan komunitas NU.

e.Memberikan manfaat  ekonomi bagi organisasi NU dan komunitas-komunitas NU.

JENIS USAHA

a. Koperasi Serba Usaha (KSU), sesuai UU Koperasi yang lama (UU no. 25/1992)  (Saat pendirian Koperasi, masih berlaku UU Lama)

b. Koperasi Jasa, dan akan didirikan Koperasi Mabadiku Simpan Pinjam secara terpisah, sesuai aturan UU Koperasi yang baru (UU no. 17/2012).

KEBIJAKAN USAHA

a.Koperasi Mabadiku, menghindari investasi usaha secara langsung, guna mengurangi resiko terjadinya kerugian usaha.

Koperasi Mabadiku, memfasilitasi atau menjembatani bagi Anggota yang ingin mendirikan, mengembangkan, atau melakukan investasi langsung untuk usaha yang dikerjasamakan dengan Koperasi Mabadiku atau Mitra Usaha Koperasi Mabadiku.